Sungai Citarum

Sungai Citarum Bandung telah keluar dari berbagai pemberitaan negatif tentang pencemaran air akibat limbah, sampah dan lain sebagainya.

Bagi masyarakat sekitar, citra sungai Citarum selalu dikaitkan dengan hal negatif bahkan seringkali menjadi penyebab banjir pada setiap tahunnya.

Namun terlepas dari hal tersebut sungai ini memiliki hulu yang menyimpan pesona yang indah dan jarang diketahui oleh masyarakat.

Secara geografis, letak situ Cisanti ini dikelilingi oleh pegunungan Wayang, Gunung Rakutak, Bukit Bedil, Gunung Kendal dan beberapa gunung kainnya.

Gunung-gunung tersebut menjadi batas alam dari Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.

Bagi anda yang masih penasaran dengan keindahan dan daya tarik yang disajikan, berikut ini adalah informasi tentang Sungai Citarum dan Situ Cisanti.

Sejarah Sungai Citarum Bandung

sejarah sungai citarum
idntimes.com

Melihat ke Belakang, sejarah Sungai Citarum telah memegang peran vital sejak zaman kerajaan Tarumanegara yang menjadi Kerajaan tertua di Pulau Jawa.

Dalam sejumlah prasasti, nama sungai ini juga beberapa kali disebut pada abad ke-4 hingga abad 7.

Namun sayangnya, keindahan sungai Citarum pada zaman kerajaan Tarumanegara sangat berbeda dengan kondisi sungai pada saat ini.

Pada tahun 2013, organisasi nirlaba dari New York mengeluarkan laporan terkait tentang sungai Citarum tersebut.

Dalam laporannya, menyebutkan bahwa sungai tersebut mengandung bahan kontaminasi industrial dan kontaminasi rumah tangga.

Kontaminasi tersebut sudah mencapai level timbal 1.000 kali lebih tinggi dibandingkan ambang batas yang sudah ditetapkan oleh USEPA untuk air minum.

Namun secara perlahan kabar tersebut mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah Indonesia.

Setelah itu, sungai Citarum mendapatkan berbagai program revitalisasi dengan pembersihan yang dimulai dari Situ Cisanti.

Hingga dalam perkembanganya, secara perlahan kondisi sungai Citarum mulai membaik.

Bahkan Situ Citarum yang menjadi hulu dari sungai ni juga ribubah menjadi tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. situ Citarum menyajikan wisata alam berupa kebun teh yang asri dengan luas sekitar 10 hektar.

Wahana Sungai Citarum

wahana sungai citarum
jkpp.org

Hulu sungai Citarum ini menyajikan berbag

ai wahana yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung.

Wisatawan bisa berkunjung ke tujuh sumber mata air yang berada di area tersebut yaitu mata air di koleberes, pangsiraman, Cikahuripan, Cikawedukan, Cisadane, Cisanti dan Cihaniwung.

Tempat ini juga sangat cocok untuk dikunjungi anda yang gemar dengan tantangan dan suasana alam.

Di Tempat ini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang disajikan sembari bersantai dan berkumpul bersama keluarga di pinggir danau.

Menariknya, pengunjung dapat mendirikan tenda sebagai tempat bernaung saat panas atau hujan.

Dari dalam tenda anda bisa menim ati pemandangan pegunungan dan udara yang masih sejuk dan khas dengan udara pegunungan.

Selain berkemah dengan mendirikan tenda, pengunjung juga bisa menikmati beberapa wahana lainnya.

Beberapa wahana sungai Citarum  lain diantaranya adalah menikmati spot-spot foto, wahana bermain anak, dan lain sebagianya.

Harga Tiket Masuk Sungai Citarum

harga tiket sungai citarum
ayobandung.com

Jika anda hanya ingin mengunjungi sungai Citarum, tentunya tidak akan dikenai biaya harga tiket masuk Sungai Citarum.

Tetapi jika anda ingin menikmati wisata di hulu sungai Citarum, anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 7.500 untuk satu orang.

Jika anda berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi, tentu akan dikenai biaya tambahan untuk membayar parkir.

Untuk harga parkir, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk mobil pribadi.

Lokasi Wisata Sungai Citarum


Untuk menikmati wisata di Sungai Citarum, anda bisa berkunjung setiap hari senin hingga minggu dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Untuk lokasi Wisata Sungai Citarum, anda bisa langsung menuju ke Kampung Tarumajaya, Kertasari Kabupaten Bandung.

Lokasi sungai ini cukup strategis sehingga anda bisa berkunjung dengan berbagai rute perjalanan.

Fasilitas Wisata Sungai Citarum

fasilitas sungai citarum
ayobandung.com

Meskipun sungai citarum memiliki citra buruk di kalangan masyarakat, namun Situ Cisanti yang menjadi hulu sungai tersebut menjadi tempat wisata dengan berbagai fasilitas.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, tempat ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas.

Tempat ini telah menyediakan area parkir yang luas dan dipasangi paving block yang nyaman untuk dijadikan tempat parkir.

Selain itu, fasilitas Sungai Citarum  ini juga menyediakan tempat makan dan minum yang menjajakan berbagai menu makanan.

Mushola dan toilet juga telah tersedia di tempat wisata yang satu ini. dengan begitu, anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang disediakan oleh Situ Cisanti di sungai Citarum.

Dengan fasilitas seperti ini para wisatawan bisa benar benar menikmati salah satu wisata bandung ini.

Foto Sungai Citarum

foto sungai citarum
travelnatic.com

Foto Sungai Citarum dan Situ Cisanti telah banyak beredar di internet dan sosial media. Foto-foto tersebut bisa anda jadikan sebagai referensi saat mencari tempat wisata alam di Bandung.

Sungai Citarum telah berinovasi dan menghilangkan citra buruk dengan berbagai pemberitaan yang beredar.

Selain itu, sungai ini juga telah memunculkan beberapa tempat wisata menarik yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga.

Leave a Comment