Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan salah satu obyek wisata Bandung bagian Selatan. Tempat wisata ini sejatinya merupakan sebuah danau buatan dengan kedalaman 17 meter dan  memiliki luas sekitar 1.400 hektar.

Saking luasnya, danau ini terlihat begitu alami sehingga  menyatu dengan alam sekitar. Lokasi situ berada di daerah yang memiliki ketinggian 1.550 meter dpl.

Tak heran jika kawasan wisata ini menjadi spot yang cukup menarik untuk melihat fenomena alam sunset dan sunrise.

Isi Konten:

Wisata Situ Cileunca

wisata Situ Cileunca
pegipegi.com

Sejatinya keberadaan danau ini menjadi saksi sejarah pada zaman penjajahan oleh Negara Belanda. Danau atau Situ ini memang sengaja dibuat bergotong royong dengan tujuan sebagai sumber listrik atau PLTA.

Aliran listrik tersebut nantinya akan dialirkan ke perkebunan kopi serta teh yang berada di sekitar kawasan situ tersebut.

Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar yaitu kurang lebih 7 tahun untuk merampungkan proyek tersebut. Barulah pada tahun 1926, danau tersebut selesai dan resmi digunakan.

Namun, seiring waktu wilayah ini difungsikan sebagai sumber air masyarakat sekitar terutama sebagai pengairan kebun.

Karena panoramanya yang sangat indah mempesona, maka tempat ini pun menjadi buruan para wisatawan yang ingin menikmati pesona eksotisnya.

Para pengunjung dapat menikmati indahnya panorama sekitar situ di jembatan cinta yang berada di tengah-tengah danau tersebut.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati wahana outbound yang menantang adrenalin dengan tarif yang cukup terjangkau.

Tak jauh dari kawasan danau, terdapat kebun strawberry dan murbey yang dibuka untuk pengunjung situ.

Cukup dengan membayar Rp 5.000 rupiah, mereka bisa berkeliling kebun dan diperbolehkan untuk mencicipi buah-buahan tersebut di tempat.

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca

harga tiket Situ Cileunca
dakatour.com

Tiket Masuk Situ Cileunca bervariatif tergantung dari usia para pengunjung. Untuk wisatawan usia dewasa, mereka dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 rupiah. Sedangkan anak-anak hanya dibebankan tiket Rp 2.500 rupiah saja.

Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan pribadi. Bagi yang membawa mobil, tarif parkirnya sebesar Rp 4.000 rupiah.

Sedangkan kendaraan roda dua hanya dikenakan tarif Rp 2.000 rupiah.

Alamat Situ Cileunca

Situ Cileunca menjadi obyek wisata yang beralamat di Jln. Situ Cileunca, Pangalengan, kota Bandung, Jawa Barat. Tidak sulit untuk mencari lokasi danau yang legendaries ini.

Start bisa dimulai dari terminal Leuwi Panjang menggunakan bus menuju ke kawasan Pangalengan.

Selanjutnya, pengunjung bisa memanfaatkan transportasi angkot dan berhenti tepat di depan pintu masuk wisata danau Cileunca.

Jam Operasional Situ Cileunca

jam buka Situ Cileunca
tempatwisatadibandung.info

Setiap hari dari Senin-Minggu obyek destinasi Cileunca dibuka untuk para pengunjung yang datang. Wisata danau buatan ini mulai beroperasi dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Terkecuali bagi wisatawan yang ingin bermalam di camping ground, mereka dipersilahkan untuk menginap semalaman hingga pagi hari.

Fasilitas Situ Cileunca

fasilitas Situ Cileunca 1
nyikreuh.com,

Rasanya tanpa melihat gambarnya pun, anda sudah bisa menebak betapa serunya kesini. Sebelumnya ketahui dulu fasilitas apa saja fasilitas pendukung yang disediakan untuk wisatwan yang berkunjung.

Mereka akan dimanjakan dengan segudang fasilitas untuk bisa menikmati indahnya pemandangan danau. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

1. Perahu Motor

Salah satu fasilitas yang menjadi incaran pengunjung adalah perahu.

Transportasi air ini dapat menghantarkan pengunjung untuk berkeliling di kawasan danau buatan yang memiliki pemandangan sangat eksotis.

Bagi yang berminat untuk menikmati fasilitas ini, mereka hanya dibebankan biaya sebesar Rp 7.500 per orang. Harus sabar untuk mendapat giliran naik perahu karena antreannya cukup panjang.

2. Rafting atau Arung Jeram Sungai Palayangan

Rafting Situ Cileunca sangat rekomended bagi para pemula atau yang menginginkan kegiatan arung jeram dengan medan yang tidak begitu menantang.

Arus di kawasan sungai cukup tenang sehingga sangat aman meskipun dilakukan oleh para pemula sekalipun.

Harga paketnya mulai dari nominal Rp 150.000-Rp 575.000 tiap orang.

Sebelum memulai aktivitas arung jeram Situ Cileunca, mereka akan ditraining terlebih dahulu oleh para operator demi keamanan dan keselamatan.

3. Camping Ground

Obyek wisata ini menyediakan fasilitas Situ Cileunca camping ground. Pengunjung dapat menikmati malam di tepi danau dengan udara yang cukup dingin.

Apabila langit sedang cerah, indahnya taburan bintang dan terangnya rembulan dapat disaksikan. Pemandangan ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

4. Villa atau Penginapan

Terdapat penginapan di Situ Cileunca Pangalengan dengan jarak yang tidak begitu jauh dari lokasi wisata.

Harga per malamnya sangat terjangkau mulai dari RP 100 ribuan saja. Fasilitas yang disediakan di penginapan cukup lengkap dan terjamin.

Situ Cileunca menjadi destinasi wisata alam yang dapat memuaskan para traveler sejati. Pemandangan alamnya yang hijau membentang begitu membius.

Belum lagi udaranya yang sangat sejuk karena dikelilingi oleh hamparan perkebunan teh dan kopi.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment