Orchid Forest Cikole

Orchid forest merupakan salah satu tempat wisata bandung yang menawarkan eksotisme alam yang sangat indah.

Sesuai dengan namanya tempat wisata ini membudidayakan anggrek hingga sangat cocok bagi mereka yang menyukai bunga. Tidak sedikit pengunjung yang tertarik untuk datang ke Orchid forest ini.

Bukan hanya anggrek, berbagai hal-hal mendukung lainnya juga sudah disiapkan untuk memanjakan para wisatawan yang akan berkunjung.

Hal inilah yang membuat lokasi wisata ini selalu ramai pengunjung. Berbagai informasi mengenai Orchid forest sudah dirangkum dibawah ini.

Wisata Orchid Forest

operasional orchid cikole IG orchidforestcikole
operasional orchid cikole IG orchidforestcikole

Wisata Orchid Forest Cikole Lembang berdiri sekitar bulan Agustus tahun 2017 lalu. Tempat ini merupakan lokasi wisata yang membudidayakan tanaman anggrek terluas di Indonesia.

Lokasinya berada di tengah kawasan hutan lindung yang luasnya mencapai 12 hektar.

Wisata Lain: Farmhouse Lembang

Diperkirakan ada sekitar 157 jenis bunga anggrek yang beraneka ragam untuk dikembangkan di lokasi ini.

Orchid forest yang ada di Bandung ini juga memfokuskan diri guna memperkenalkan dan membudidayakan berbagai jenis tanaman anggrek.

Metode yang digunakan bukan hanya metode lokal melainkan juga metode internasional.

Bunga anggrek yang ada di lokasi ini bukan hanya berasal dari Indonesia namun juga banyak dari negara negara lainnya yang ada di dunia seperti Filipina, Amerika Serikat, Peru, Argentina dan Venezuela.

Bahkan untuk bunga anggrek langka dan sangat sulit untuk ditemukan seperti anggrek hitam punyai nama ilmiah coelogy pandurata serta anggrek kantong semar yang bernama ilmiah paphopedilum glaucophyllum serta jenis paraphalaenopsis laycocky bisa ditemukan di sini.

Wisata Lain: Situ Patenggang

Bukan hanya bisa Menikmati keindahan berbagai macam bunga anggrek para wisatawan yang berkunjung juga bisa Menikmati keindahan pohon pinus yang tumbuh berjajar serta Hawa yang sangat sejuk.

Tidak heran jika bunga anggrek yang ada di lokasi ini bisa tumbuh dengan baik dengan suhu dingin tersebut.

Harga Tiket Masuk Orchid forest

Agar bisa masuk ke tempat wisata Orchid forest maka wisatawan akan dikenakan biaya yang cukup terjangkau.

Adapun harga tiket masuk orchid forest yang ditawarkan mulai dari Rp25.000 untuk hari biasa dan Rp35.000 untuk hari libur.

Alamat Orchid Forest

Orchid Forest Cikole sendiri berada di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Fasilitas Orchid Forest

Para wisatawan bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di Orchid forest ini.

Secara umum fasilitas wisata yang ada di sana bisa dibagi menjadi tiga kelompok yaitu fasilitas olahraga, fasilitas leisure, dan fasilitas outbound.

Bisa dikatakan bahwa Sebagian besar kawasan wisata di Orchid forest Lembang ini masih berada dalam beberapa tahapan pembangunan dan sebagian besar sudah diuji coba sejak 2017.

Wisata Lain: Lereng Anteng

Fasilitas-fasilitas pendukung yang ada di sini secara bertahap terus dikembangkan dan disempurnakan guna menunjang kenyamanan wisatawan.

Salah satu fasilitas wisata yang mempunyai taraf internasional serta di klaim belum ada di Indonesia yaitu SnowBay yang terpanjang dari yang lain.

Wahana Orchid Forest

Berbagai Wahana sudah tersedia di Orchid forest guna memfasilitasi para wisatawan untuk menikmati liburan mereka. Ada beberapa wahana yang bisa dicoba ialah sebagai berikut:

1. Sky Bridge

sky bridge orchid forest cikole
sky bridge orchid forest cikole (IG: orchidforestcikole)

Wahana ini merupakan jembatan yang bergoyang-goyang dan terbuat dari kayu dengan tali tambang berwarna putih. Jembatan ini berbentuk memanjang dengan panjang sekitar 50 meter.

Ketika malam tiba maka otomatis lampu-lampu yang ada di jembatan ini menyala karena telah pasang sensor cahaya. Hal inilah yang membuat sky bridge menjadi salah yang punya kesan romantis.

Wisata Lain: Gunung Tangkuban Perahu

Agar bisa menaiki jembatan ini wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per orang. Harga ini sifatnya tidak menetap dan bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan dari pengelola Orchid forest Cikole Bandung.

Kegiatan outbound, bentuk tidak lengkap rasanya apabila di tempat sejuk Orchid forest Bandung, wisatawan tidak bisa mencoba outbound menarik yang bisa dilakukan di ruang terbuka hijau.

Untuk itulah berbagai kegiatan outbound seperti flying fox, highrope, panahan dan lainnya bisa dijadikan pilihan untuk menguji adrenalin.

Biasanya pengelola sudah menyiapkan berbagai fasilitas wisata guna melakukan berbagai macam kegiatan outbound dengan menyesuaikan dengan tingkatan usia.

Beberapa di antaranya ialah blog dengan area terbuka hamparan rumput hijau yang lokasinya berada tepat di antara deretan pohon pinus yang rindang.

Biasanya digunakan untuk melakukan tim building, fun time games juga Arya untuk diadakannya acara company maupun family gathering character building.

2. Camping ground Orchid forest Cikole

camping ground orchid forest cikole
camping ground orchid forest cikole (IG: orchidforestcikole)

Wisata Lain: Dusun Bambu Bandung

Penginapan yang tersedia di sekitar wisata ini bisa digunakan untuk berkemah ataupun camping. Suasana alam yang sejuk di orchid forest cikole penginapan memang sangat mendukung bahan untuk berkemah.

Terdapat biaya khusus yang dibebankan bagi mereka yang akan melakukan camping. Biasanya biaya yang akan dikeluarkan senilai Rp450.000 per 4 orang dan untuk 9 orang dikenakan biaya senilai Rp950.000 per malam.

Biaya tersebut sudah masuk biaya makan pagi, biaya jagung bakar, dan api unggun

3. Spot foto

spot foto orchid forest cikole
spot foto orchid forest cikole

Salah satu wahana yang cukup menarik minat para wisatawan untuk berkunjung adalah banyaknya spot spot foto menarik yang ada di sini. Misalnya saja seperti panggung terbuka rumah kelinci dan rumah pohon.

Wisata Lain: Gedung Sate

Untuk itulah tidak sedikit wisatawan yang mengabadikan momen berwisata dengan kamera kesayangannya.

Bagi wisatawan yang menyukai koleksi foto-foto travelling, maka lokasi wisata ini cocok digunakan untuk memenuhi media sosial mereka.

4. Toko dan konsultasi

toko orchid forest cikole
toko orchid forest cikole (kompas)

Bukan hanya bisa Menikmati keindahan bunga anggrek dan juga pohon pinus para wisatawan juga bisa membeli bunga anggrek yang sudah disediakan.

Namun jangan kaget apabila harga yang ditawarkan tinggi. Selain penjualan bunga anggrek wisatawan juga bisa menanam anggrek di rumah serta melakukan konsultasi.

Wisata Lain: Fairy Garden

Misalnya saja berdiskusi mengenai cara merawat bunga anggrek dengan baik dan benar sehingga permasalahan bunga anggrek yang sedang sakit maupun tidak berkembang dengan seharusnya.

Jam Operasional Orchid Forest

Banyak yang bertanya mengenai orchid forest cikole buka jam berapa?

Terkait dengan jam operasional Orchid forest, dari berbagai sumber informasi diketahui bahwa lokasi wisata ini buka mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 18.00 WIB.

Tentu saja rentang waktu ini harus dimaksimalkan sebaik mungkin agar bisa mendapatkan momen-momen yang diinginkan.

Foto Epic Orchid forest

Sejumlah wisatawan yang berkunjung ke Orchid forest cara mengembalikan foto-foto selama berada di sana.

Ketika mereka mengunggahnya di akun media sosial mereka masing-masing yang banyak wisatawan lain dari luar daerah negara yang tertarik untuk datang ke lokasi wisata ini.

Wisata Lain: Tebing Keraton

Berbagai foto-foto menarik di lokasi wisata ini juga sudah tersebar luas di internet sehingga bisa diakses untuk mengetahui gambaran lokasinya.

Berbagai foto dikemas sedemikian rupa sehingga bisa menunjukkan Orchid forest dari berbagai sudut pandang.

Demikianlah informasi mengenai Orchid forest, mulai dari harga tiket masuk, alamat, fasilitas, wahana, jam operasional, hingga foto Orchid forest. Semoga membantu dan bermanfaat.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment