Gunung Tangkuban Perahu

[Total: 0 Rata-rata: 0]

Gunung Tangkuban Perahu adalah wisata yang ada di Bandung.

Bandung sendiri adalah kota yang sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki berbagai destinasi wisata yang sangat bagus.

Bagaimanakah rute menuju ke wisata alam Tangkuban Perahu dan berapa harga tiket masuknya? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Isi Konten:

Sejarah Gunung Tangkuban Perahu

sejarah gunung tangkuban perahu
pemandangan indah gunung tangkuban perahu (tirto)

Di mana gunung Tangkuban Perahu? Tangkuban Perahu letaknya berada sekitar 30 km sebelah utara kota Bandung.

Wisatawan dapat mendaki ke tepi kawah untuk bisa melihat secara langsung keindahan wisata ini.

Gunung berapi Tangkuban Perahu sendiri memiliki peranan penting dalam membentuk Dataran Tinggi Parahyangan yang  ada di sekitarnya.

Wisata Lain: Chinatown Bandung

Letusan dari gunung ini mengalir ke perbukitan utara Bandung melalui lava yang pernah  mengalir ke lembah-lembah.

Setelahnya mengeras menjadi batu dan terbentuklah tebing-tebing besar tempat air terjun melompat.

Lihatlah dari Bandung, Gunung Tangkuban Perahu memang seperti perahu yang terbalik dan bentuk gunungnya yang terbalik inilah yang menurut masyarakat sekitar memiliki legenda.

Ya, wisata ini memiliki cerita yang identik dengan Legenda Sangkuriang.

Misteri gunung Tangkuban Perahu ini sudah sangat terkenal sebagai legenda masyarakat Sunda dan menjadi sebuah cerita rakyat.

Nah, kisah terciptanya Gunung Tangkuban Perahu ini bermula dari seorang pemuda bernama Sangkuriang yang ingin memenangkan hati Dayang Sumbi, seorang wanita cantik dan menawan yang ternyata Dayang Sumbi itu adalah ibunya sendiri hingga kemudian terciptalah wisata Tangkuban Perahu.

Legenda Gunung Tangkuban Perahu

legenda gunung tangkuban perahu
legenda gunung tangkuban perahu (travel kompas)

Wisata Lain: Fairy Garden

Legenda Gunung Tangkuban Perahu bermula dari Dayang Sumbi seorang gadis cantik yang sangat mahir menenun dan memasak.

Ia adalah putri Raja Prabu Sungging Perbangkara Banyak bangsawan yang datang untuk melamar Sumbi, namun tidak ada satupun yang ia pilih.

Dayang Sumbi takut jika ia menerima salah satu lamaran tersebut maka hal  itu hanya akan menyebabkan perang di antara para pria yang telah ia tolak.

Akhirnya, Dayang Sumbi mengasingkan diri ke sebuah gubuk pinggiran hutan dengan membawa alat tenunnya. Atas izin raja, Sumbi ingin menenangkan diri di sebuah tempat yang sepi dengan menenun pakaian.

Kemudian suatu malam, Dayang Sumbi sedang menenun dan kemudian gulungan benangnya secara tidak sengaja terlepas dari gengamannya padahal hari sudah terlalu malam dan pencahayaan di gubuk sangat kurang.

Kemudian Dayang Sumbi mengucapkan sumpah: “Siapa pun yang bisa mengambil kembali benangku, jika itu adalah perempuan aku akan mengambilnya sebagai saudara perempuan, jika itu laki-laki aku akan menikah dengannya.”

Lalu kemudian tiba-tiba, datanglah seekor anjing jantan hitam muncul dengan benang. Dayang Sumbipun menepati janjinya untuk menikah meskipun yang menemukan adalah seekor anjing,

Wisata Lain: Grafika Cikole Lembang

Lalu ajaibnya, anjing itu berubah menjadi seorang pria muda yang tampan.

Kemudian Dayang Sumbi dan pemuda yang kemudian dipanggilnya dengan sebutan Tumangpun jatuh cinta hingga kemudian mereka berdua memiliki seorang putra yang mereka beri nama Sangkuriang.

Namun saat Sangkuriang tumbuh menjadi seorang anak yang pintar, ia justru membunuh anjing yang ternyata ayahnya sendiri.

Sang ibu marah, ia memukul mengusir Sangkuriang. Kemudian Sangkuriang pergi hingga bertahun-tahun lamanya dan Dayang Sumbipun menyesal telah mengusir anaknya.

Ia memiliki permohonan untuk diberi umur panjang dan bisa kembali bertemu dengan anaknya hingga keinginan Sumbi dikabulkan.

Dayang Sumbi bukan hanya diberi umur yang panjang saja namun juga diberi wajah yang awet muda.

Sementara Sangkuriang yang terbuang tumbuh menjadi pria yang cerdas namun sayangnya ia lupa ingatan.

Sangkuriang ditemukan oleh seorang pertapa dan ia dipanggil dengan sebutan Jaka. Hingga tumbuh dewasa, akhirnya Sangkuriang kembali dipertemukan oleh Dayang Sumbi.

Namun keduanya tidak saling menyadari bahwa mereka berdua adalah seorang anak dan ibu.

Wisata Lain: Kebun Binatang Bandung

Keduanya saling jatuh cinta hingga suatu saat Dayang Sumbi melihat tanda lahir Sangkuriang yang ia sangat kenali.

Dayang Sumbi kemudian menjelaskan pada Sangkuriang bahwa ia adalah anaknya, namun Sangkuriang mengelak.

Dayang Sumbipun mencari akal agar Sangkuriang mau berpisah dengannya. Dayang Sumbi meminta Sangkuriang membuat perahu dalam satu malam.

Sangkuriangpun menggunakan semua kekuatannya dan memanggil roh-roh yang tidak terlihat untuk membantunya.

Dayang Sumbi yang cemas kemudian mengintip pekerjaan Sangkuriang terkejut karena anaknya dengan cepat membuat apa yang ia minta.

Dayang Sumbi kemudian membangunkan orang-orang dan membuat seolah hari sudah pagi.

Sangkuriang yang kesal kemudian melempar perahu tersebut dan terciptalah Gunung Tangkuban Perahu yang dikenal hingga sampai saat ini. Ya, seperti itulah cerita rakyat Gunung Tangkuban Perahu yang terkenal.

Alamat Gunung Tangkuban Perahu


Gunung Tangkuban Perahu terletak di dataran tinggi persis di pinggiran kota Bandung.

Alamat lengkapnya adalah Jl. Tangkuban Parahu No. 282, Cikole, Lembang. Kawah Gunung Tangkuban Perahu merupakan tempat yang sangat sempurna untuk menikmati udara sejuk dan pemandangan kota Bandung dari atas.

Wisata Lain: Maribaya Bandung

Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu sendiri sangat mudah dijangkau.

Jarak Tangkuban Perahu dari Bandung membutuhkan waktu 90 menit berkendara. Adapun cara termudah untuk sampai ke wisata ini adalah dengan menyewa mobil.

Namun, jika Anda ingin melakukan perjalanan yang penuh petualangan, Anda bisa menggunakan mobil colt arah Subang.

Anda bisa menemukan mobil angkutan ini di terminal minibus Bandung dan mobil ini akan mengantarkan Anda sampai ke pintu Tangkuban Perahu.

Daya Tarik Gunung Tangkuban Perahu Bandung

daya tarik gunung tangkuban perahu
daya tarik gunung tangkuban perahu (detik news)

Daya tarik dari wisata ini adalah terletak pada pemandangannya yang sangat indah. Namun sayangnya tidak semua orang bisa tahan terhadap bau belerang yang ada di wisata ini.

Jadi pastikan Anda menggunakan masker atau saputangan untuk menutupi wajah Anda.

Kemudian daya tarik selanjutnya dari wisata ini adalah suasana yang sangat sejuk dan menenangkan. Nah, dikarenakan suasana wisata Tangkubang Perahu sangat dingin, maka gunakan sweater atau jaket.

Wisata Lain: Kampung Gajah Bandung

Pastikan Anda juga sudah mencapai kawah lebih awal di pagi hari, untuk menghindari kabut sehingga bisa melihat pemandangan wisata Tangkuban Perahu yang sangat indah.

Fasilitas Gunung Tangkuban Perahu

fasilitas gunung tangkuban perahu
fasilitas gunung tangkuban perahu (tempo.co)

Nah, fasilitas yang bisa Anda dapatkan di Tangkuban Perahu ini adalah :

  1. Parkir yang luas
  2. Kamar Mandi
  3. Musholla
  4. Gazebo
  5. Tempat penginapan

Harga Tiket Gunung Tangkuban Perahu

jam operasional gunung tangkuban perahu
jam operasional gunung tangkuban perahu (datawisata.com)

Harga tiket masuk Tangkuban Perahu memang bisa dikatakan agak mahal jika dibandingkan dengan tempat wisata alam lainnya yang ada di Bandung.

Untuk bisa masuk ke wisata ini wisatawan lokal harus membayar hanya Rp 20.000.

Wisata Lain: Cihampelas Walk

Namun untuk wisatawan asing harus membayar 10 kali lipat lebih banyak daripada wisatawan lokal. Ya, untuk wisatawan asing harus membayar Rp. 300.000 per orang.

Meskipun harga tiket masuknya cukup mahal namun masih ada beberapa wisatawan asing yang masih mau masuk ke wisata alam Tangkuban Perahu.

Jam Operasional Gunung Tangkuban Perahu

jam buka gunung tangkuban perahu
jam buka gunung tangkuban perahu (tribun jabar)

Untuk bisa masuk ke wisata Tangkuban Perahu ini maka Anda harus mengetahui jam operasionalnya, ya! Jam buka Gunung Tangkuban Perahu ini adalah pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Anda yang ingin mencari pemandangan kota Bandung yang indah, maka datanglah saat pagi hari. Jangan datang saat siang hari karena cuacanya cukup panas dan berhati-hatilah terhadap kawahnya yang menusuk.

Anda juga bisa datang saat sore hari jika Anda ingin mencari suasana yang lebih sejuk. Jam berkunjung yang disarankan saat sore hari adalah sekitar pukul 16.00 WIB.

Wisata Lain: Curug Cimahi

Kontak Gunung Tangkuban Perahu

Anda yang ingin menghubungi kontak wisata Gunung Tangkuban Perahu, hubungi saja call centernya di 082120052011. Anda juga bisa menghubungi telepon atau fax  di  (022) 82780654  atau 82780653

Anda juga bisa menghubungi melalui email di twa.tangkubanparahu.grpp@gmail.com.

Nah, untuk Anda yang bingung ingin mencari wisata di Bandung, kunjungi saja Gunung Tangkuban Perahu yang memiliki pemandangan sangat indah.

Sebagai tujuan wisata favorit, Tangkuban Perahu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan apalagi saat akhir pekan. Selamat berwisata!

Leave a Comment