Curug Malela 

1 Bintang2 Bintang3 Bintang4 Bintang5 Bintang (2 votes, average: 3.50 out of 5)
Loading...

Curug Malela, Bandung adalah salah satu kota unik di Indonesia. Terdapat berbagai macam ciri khas dari kota ini yang membuat para pengunjung ingin terus kembali datang dan menetap di Kota Romantis ini.

Bandung yang merupakan salah satu Trend Fashion di Indonesia ini menjadi penyumbang utama diciptakannya mode pakaian atau accessories dengan aneka macam jenisnya.

Bandung juga merupakan salah satu kota metropolitan yang tidak pernah sepi sekalipun di tengah malam. Namun, dibalik ramainya kota Bandung, kota ini memiliki banyak destinasi wisata nan indah dan alami.

Berbicara tentang Bandung mungkin yang ada dipikiran kalian hanyalah pusat belanja, spot foto instagramable di setiap sudut kota, trend fashion, dan tempat nongkrong yang paling asik bagi anak remaja.

Diluar itu semua, Bandung memiliki tempat-tempat yang indah nan mempesona dengan penampakan alam yang masih begitu asri, salah satunya yaitu ada di Destinasi wisata Curug Malela.

Curug Malela merupakan destinasi wisata yang menghadirkan pesona alam nan hijau beserta gemericik bunyi suara air terjun yang begitu indah.

Wisata ini merupakan salah satu tempat yang paling digemari pengunjung saat datang di Bandung.

Bagi kalian yang belum mengetahui lebih jelas tentang Curug Malela, silahkan membaca informasi berikut.

Sejarah Curug Malela

sejarah curug malela
explorewisata.com

Fakta unik dibalik keindahannya ini adalah asal usul Curug Malela.

Nama air terjun malela ini diambil dari nama eyang tajimalela yang pada cerita masyarakat sekitar beliau ini seseorang yang menguasai air terjun malela ini.

Masyarakat sekitar percaya jika terkadang sosok penguasa air terjun ini atau Eyang Tajimalela ini bisa menampakan diri.

Pernah ada kejadian dimana seorang pengunjung yang memotret foto dengan latar belakang air terjun dan tanpa disengaja ternyata tertangkap sosok bayangan kakek berjenggot dengan pakaian serba putih.

Mitos Curug Malela

mitos curug malela
hargatiket.net

Perlu kalian ketahui sebelum mengunjungi curug indah ini. Curug Malela tercatat sering menelan korban, mungkin karena rute jalan yang ekstrim dan tempatnya yang masih sangat terpencil di dalam hutan.

Terdapat berbagai mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar diantaranya yaitu adanya kemunculan ratusan kera yang turun untuk minum di Curug Malela,

Terdapat juga mitos jika area Curug Malela ini memiliki hawa berbeda, mungkin hal ini karena kesunyian dan dinginnya hawa yang ada di Curug Malela.

Harga Tiket Masuk Curug Malela

harga tiket curug malela
nyikreuh.com

Harga yang dipatok untuk tiket masuk ke wisata curug malela ini cukup terjangkau yaitu 10.000 untuk setiap orang.

Sedangkan untuk parkir kendaraan pribadi dikenakan biaya 2.000 untuk sepeda motor dan 5.000 untuk mobil.

Dan selain itu bagi kalian yang lelah dan ingin menaiki ojek menuju Curug Malela maka akan dikenakan biaya sebesar 4.000 per orang.

Dengan demikian Curug Malela menjadi salah satu wisata bandung yang murah namun menyajikan pemandangan yang cukup indah.

Lokasi Curug Malela

Lokasi Curug Malela ini yaitu di perbatasan Kabupaten Cianjur lebih tepatnya di Kampung Manglid, Cidadas, Rongga Bandung Barat.

Lokasi Curug Malela sebenarnya mudah ditemukan, hanya saja tempatnya yang tersembunyi mengakibatkan banyak orang yang tersesat dan tidak menemukan lokasi air terjunnya.

Dari balai desa Cidadas kalian bisa menempuh perjalanan sejauh 3km untuk sampai di Air Terjun ini.

Kalian harus berjalan kaki sekitar 1 km setelah memarkirkan kendaraan pribadi kalian.

Tentu jalanan yang ada masih penuh bebatuan dan licin saat hujan.

Namun tenang saja sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan yang indah beserta udara yang sejuk.

Jam Operasional Curug Malela

jam buka curug malela
explorewisata.com

Tidak ada informasi jelas tentang jam operasi di Curug Malela ini, kalian bisa datang mulai pagi hingga sore hari.

Jika hari sudah petang lebih baik kalian meninggalkan tempat ini karena rute yang harus ditempuh untuk keluar cukup sunyi dan minim pencahayaan sehingga berbahaya dilewati ketika malam hari.

Air yang ada di area ini juga sangat jernih dan bersih.

Kondisi area wisata yang begitu bersih membuat para pengunjung sangat nyaman berada disini. Banyak yang menjuluki Terjun Niagara Mininya milik Indonesia.

Julukan itu diberikan karena pengunjung dapat menikmati pesona air terjun 50-60 meter dengan bermain dibawahnya.

Kalian bisa berenang, atau sekedar bermain air. Arus dari air terjun ini tidak terlalu deras sehingga tidak perlu khawatir jika akan terbawa arus.

Curug Malela, begitu indahnya destinasi wisata Curug Malela ini membuat banyak pengunjung penasaran dan ingin datang kesini. Pesan bagi kalian yang ingin berkunjung kesini, selalu waspada dan berhati-hati.

Rute perjalanan yang cukup menantang adrenalin karena berbatu dan melewati padatnya hutan.

Jika kalian ingin menikmati segarnya air di Curug ini, kalian bisa bermain air namun tetap dengan waspada karena dikhawatirkan akan tiba-tiba datang air bah yang bisa menyeret siapa saja.

Banyak terjadi peristiwa menelan korban karena kenekatannya untuk berenang dan bermain air di Curug Malela ini.

Leave a Comment