Curug Dago

[Total: 1 Rata-rata: 5]

Pernah mendengar tentang objek wisata Curug Dago? Sejak dahulu, Bandung memang terkenal dengan beberapa kawasan wisata alam maupun buatan yang menarik.

Tidak hanya menyuguhkan keindahan saja, beberapa kawasan wisata tersebut nyatanya cukup terkenal dengan sejarah dan juga mitosnya.

Salah satu Objek wisata yang bisa dikatakan sangat terkenal di Bandung adalah Curug Dago.

Sebagian besar dari Anda yang sudah pernah ke Bandung sebelumnya tentu sudah tidak asing dengan objek wisata yang satu ini.

Perlu diketahui Curug dago merupakan sebuah air terjun di daerah Bandung yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Sejarah Curug Dago

sejarah curug dago
pengalamanterbaik.com

Curug Dago sendiri dikenal wisatawan sebagai air terjun yang memiliki sejarah yang berkaitan dengan peninggalan raja thailand di Curug Dago.

Para peneliti menyebutkan, jika prasasti batu yang ditemukan di Curug Dago berasal dari kerajaan Thailand pada abad ke-18.

Prasasti batu tersebut bertuliskan bahwa Raja Rama V (Raja Chulalongkom II) dari Thailand datang ke air terjun tersebut sekitar tahun 1896, dan kembali lagi ke sana pada tahun 1901.

Setiap hari raya waisak tiba, Curug Dago tersebut ramai dikunjungi oleh wisatawan dari Thailand yang ingin berdoa dan mengetahui sejarah mengenai tempat ini.

Selain itu, juga ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin mengetahui sejarah tempat ini.

Tiket Masuk Curug Dago

tiket masuk curug dago
beritabaik.id

Sebelum datang ke Curug Dago, sebaiknya Anda mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tiket masuk dan juga biaya parkir.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan Anda dalam berwisata.

Untuk harga tiket masuk, tiap wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000. Sementara untuk parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp 2.000, dan parkir mobil sebesar Rp 5.000.

Lokasi Curug Dago

Dimana lokasi Curug Dago? Bagi Anda yang masih pertama kali akan mengunjungi wisata Curug Dago tidak perlu merasa bingung.

Letak dari tempat wisata ini berada di Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Lebih tepatnya terletak sejauh 8km di sebelah utara dari pusat Kota Bandung. Perlu diketahui bahwa akses Curug Dago yang cukup mudah dan juga lancar.

Untuk menuju kawasan wisata ini, terdapat dua jalan alternatif yang bisa Anda pilih, yakni melalui jalan Taman Budaya Ganesha atau jalan seberang Terminal Dago.

Meskipun jalanan menuju Curug Dago cukup sempit, namun jalannya sudah bagus sehingga nyaman dilalui.

Di sepanjang perjalanan menuju Curug, Anda akan disambut oleh lebatnya dedaunan dari pepohonan yang tumbuh berjajar.

Kemudian ikutilah plang nama yang lumayan usang dengan tulisan Curug Dago.

Setelah tiba di air terjun, Anda bisa menemukan jembatan gantung yang menghubungkan sisi kiri dan kanan.

Untuk menuju bagian dasar dari air terjun, Anda harus menuruni beberapa anak sekitar 100 meter.

Fasilitas Curug Dago

fasilitas curug dago
mongabay.co.id

Adapun fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan ketika berkunjung ke Curug Dago adalah sebuah penginapan bernama Dago Pakar.

Yang mana letaknya tidak begitu jauh dari air terjun tersebut.

Selain itu, di sekitar tempat wisata tersebut, tersedia beberapa kedai yang menjual kacang rebus dan juga makanan ringan lainnya, seperti mie rebus ataupun gorengan.

Di Curug Dago juga telah tersedia parkir Curug Dago yang cukup memadai, yakni mampu menampung ratusan kendaraan roda dua.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda empat, bisa memarkirkan kendaraannya di komplek Taman Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bandung.

Jam Operasional Curug Dago

jma buka curug dago
youtube

Apabila sedang berjalan-jalan ke Kota Bandung dan ingin menyempatkan diri untuk mengunjungi Curug Dago, pastikan Anda telah mengetahui jam operasional dari wisata ini.

Baik di hari libur ataupun tidak, kawasan wisata Curug Dago dibuka mulai pukul 08:00 WIB sampai dengan jam 17:00 WIB.

Jadi jangan sampai salah jam, saat berkunjung ke sana ya!

Kontak Curug Dago

kontak curug dago
ksmtour.com

Untuk mengetahui informasi selanjutnya tentang Curug Dago, Anda bisa menghubungi kontak berikut yang terdapat pada situs resminya.

Di sana Anda bisa menanyakan berbagai informasi terkait Curug Dago mulai dari lokasi tepatnya sampai jam operasional destinasi wisata Bandung yang satu ini.

Itulah beberapa informasi seputar Curug Dago yang perlu Anda ketahui sebelum datang ke sana.

Ketika datang ke kawasan air terjun tersebut, diharapkan Anda menjadi lebih menyayangi alam sekitar dan menjaganya dari kerusakan.

Sehingga bisa dinikmati keindahannya sampai kapan pun. Semoga liburan Anda bersama keluarga menyenangkan!

Leave a Comment